Senin, 14 Desember 2015

Jenis-jenis asuransi syariah

Jenis-jenis asuransi syariah - Satu diantara transaksi keuangan yang sekarang ini tengah marak dipakai yaitu asuransi. Asuransi sendiri biasanya adalah aktivitas untuk lakukan kesepakatan di mana dana yang sudah disetorkan bisa di ambil kembali ketika yang sudah ditetapkan serta sudah di setujui antar ke-2 iris pihak. Perubahan agama islam yang makin cepat juga sudah memberi pengetahuan bahwa baiknya tiap-tiap aktivitas yang dikerjakan berdasar pada dengan ketentuan syariat agama islam.
Dalam ekonomi islam, asuransi dimaksud sebagai tafakul yang bermakna penjaminan serta pertanggung jawaban. Asuransi islam dimaksud sebagai asuransi syariah ini perubahannya sangatlah cepat lantaran mempunyai keunggulan yang lebih dibanding dengan asuransi konvensional.

Di bawah ini yaitu beberapa jenis asuransi yang dikerjakan dalam asuransi islam. Dengan cara umum dalam asuransi syariah, terbagi dalam dua type yakni :

a. Asuransi jiwa (tafakul keluarga)
Asuransi jiwa di asuransi syariah adalah service yang memberi perlindungan pada keluarga bila berlangsung beberapa hal yg tidak di idamkan serta tak terduga seperti kematian serta kecelakaan yang menerpa nasabah tafakul keluarga. Mengenai beberapa produk dari asurasi jiwa ini yaitu :

1. Tafakul berencana
2. Tafakul pendidikan
3. Tafakul pembiayaan
4. Tafakul berjangka
5. Tafakul kecelakaan
6. Tafakul kecelakaan diri
7. Tafakul khairat keluarga
8. Tafakul dana haji
b. Tafakul umum

Type asuransi yang lain yaitu tafakul umum yang dipakai untuk memberi perlindungan pada beberapa nasabahnya pada momen yang merugikan serta tak terduga waktu berlangsung bencana atau kecelakaan atas harta serta benda. Mengenai beberapa produk yang ada dari tafakul umum ini yaitu :

1. Tafakul kecelakaan kebakaran
2. Tafakul kendaraan bermotor
3. Tafakul permasalahan pengangkutan
4. Tafakul kemungkinan pada pemasangan
5. Tafakul kemungkinan pada pembangunan
6. Tafakul gabungan
7. Tafakul penyimpanan uang
8. Tafakul aneka
9. Tafakul rekayasa atau dalam dunia engineering


Beberapa jenis asuransi syariah itu bisa dikerjakan jika sudah berlangsung kesepakatan yang sudah penuhi prasyarat serta ketetapan dalam agama islam. Bila prasyarat yang diputuskan tidak cocok jadi kesepakatan tidak bisa dibenarkan serta dengan cara automatis tak sah pelaksanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar