Sabtu, 12 Desember 2015

Mengenal Koloni dan Perilaku Rayap

Mengenal Koloni dan Perilaku Rayap - Rayap (white ant) merupakan salah satu jenis serangga yang sangat menyukai kayu. Rayap hidup berkoloni, dan dalam satu koloni terdapat 5 jenis rayap yaitu ratu rayap, raja rayap, bayi rayap, rayap pekerja dan rayap prajurit. Rayap merupakan salah satu hewn yang termasuk golongan purba karena sudah hidup dari ratusan tahun lalu. Rayap bisa membangun sarangnya dari tanah dan lumpur. Sarang yang dibangunnya bisa berukuran besar dan tinggi serta membangun sarangnya dari kotorannya sendiri. Di dalam sarang rayap terdapat ruangan atau rongga yang berfungsi sebagai sirkulasi udara.

Meskipun tubuhnya kecil dan lemah namun rayap bisa memakan kayu dengan cepat dengan hanya menggunakan air liurnya saja. Rayap sangat menyukai kayu terutama kayu yang sudah lapuk namun juga tidak menutup kemungkinan rayap bisa memakan kayu yang bagus dan kuat seperti kayu jati. Rayap akan sangat menyukai tempat yang lembap karena usahanya untuk memakan kayu dengan air liurnya.

Ukuran rayap berbeda-beda, ukuran terbesar yaitu ratu rayap yang berukuran kurang lebih 11 cm sedangkan untuk ukuran rajanya hanya 2 cm saja. Kemudian ada rayap pekerja yang berukuran kecil yang bertugas untuk mencari makan dan membangun sarang sedangkan rayap prajurit bertugas untuk menjaga sarang, rayap prajurit biasanya memiliki tubuh besar dan memiliki taring.

Rayap sebenarnya merupakan hewan yang dapat menyuburkan tanah karena bisa menguraikan zat-zat sisa atau sebagai decomposer. Namun semakin pesatnya perkembangan zaman dan bertambahnya jumlah penduduk manusia membuat keberadaan rayap menjadi salah satu jenis hama atau perusak kayu bangunan rumah. oleh karena itu saat ini banyak yang menjual berbagai obat anti rayap

Rayap menjadi salah satu musuh bagi manusia karena merusak perabot kayu yang ada di dalam rumah, meskipun rumahnya memiliki alas keramik atau semen namun rayap bisa menembusnya dari celah-celah kecil yang akhirnya membuat rayap bisa muncul ke permukaan. Setelah dia ke permukaan dirinya akan mencari makanan dengan memakan kayu-kayu yang ada di dalam rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar